Capaian Pembelajaran Informatika SMK PK
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika SMK
Sebelum kita membahas tengang
Capian Pembelajaan Informatika SMK PK terlebih dahulu kita lihat baru dari
kurikulum 2021 bila dibangingkan dengan kurikulum 2013. Hal yang baru dalam
Kurikulum SMK Tahun 2021 adalah adanya perbedaan signifikan dengan Kurikulum
2013. Salah satu perubahan yang ada dalam kurikulum SMK 2021 adalah Pengajaran
yang sesuai dengan Capaian dan Tingkat Pengetahuan Peserta Didik, karena hal
tersebut merupakan hal tepat dalam pembelajaran kepada peserta didik.
Pembelajaran yang sesuai dengan capaian dan tingkat pengetahuan peserta didik
merupakan implementasi dari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dimana
pembelajaran berpusat pada peserta didik. Sekilas tentang pengajaran sesuai
dengan capaian atau tingkat kemampuan dapat dilihat di bawah ini.
Dari sekilas mengenai pengajaran
sesuai dengan capaian atau tingkat kemampuan di atas terutama pada poin 3 bahwa
dalam setiap fase ataupun tingkat memiliki capaian pembelajaran yang harus di
capai. Ada tiga tahapan yang harus dilalui dalam pembelajaran sesuai dengan
capaian atau tingkat kemampuan seperti dalam gambar di bawah ini:
Mata pelajaran
Informatika memberikan fondasi berpikir komputasional yang merupakan kemampuan problem solving yaitu keterampilan
generik yang penting seiring dengan perkembangan teknologi digital yang pesat.
Peserta didik ditantang untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang berkembang
mulai dari kelas I sampai dengan kelas XII, mulai dari data sedikit sampai dengan
data banyak, mulai dari persoalan kecil dan sederhana sampai dengan persoalan
besar, kompleks, dan rumit, serta mulai dari hal yang konkrit sampai dengan
abstrak dan samar atau ambigu
Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik
menjadi “computationally literate creators”
yang menguasai konsep dan praktik informatika, yaitu:
- berpikir komputasional
- memahami ilmu pengetahuan yang mendasari informatika
- terampil berkarya dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana
- terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya
- menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital
- Berpikir komputasional (BK) mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.
- Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika.
- Sistem komputer (SK) adalah pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.
- Jaringan Komputer dan Internet (JKI) memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet.
- Analisis data (AD) memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, dan menginterpretasi serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.
- Algoritma dan Pemrograman (AP) mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program
- Dampak Sosial Informatika (DSI) menyadarkan peserta didik akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
- Praktik Lintas Bidang (PLB) melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (design, implement, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.
No comments for "Capaian Pembelajaran Informatika SMK PK"
Post a Comment