Mengoperasikan Aplikasi Pengolah Kata




Mengoperasikan Aplikasi Pengolah Kata

Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Aplikasi pengolah kata adalah sebuah aplikasi yang ada didalam komputer yang digunakan untuk membuat dokumen dan memiliki banyak keistimewaan dibanding dengan aplikasi lainnya. Terdapat berbagai macam aplikasi pengolah diantaranya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, Ms work, Microsoft Word, Open Office dan AmiPro. Ciri khas dari aplikasi pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari sejak karakter (huruf), sekumpulan karakter membentuk suatu kata, sekumpulan kata membentuk suatu kalimat, sekumpulan kalimat membentuk suatu paragrap, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, kekumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen. Aplikasi pengolah kata mempunyai kemampuan yang meilputi pembentukan, penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.


Menyiapkan Aplikasi Pengolah Kata
Aplikasi pengolah kata yang saat ini banyak digunakan adalah Microsof Office Word. Meskipun secara versinya Microsoft Office Word terdiri dari banyak versi, yaitu dari versi terendah hingga versi yang ada pada saat ini, secara basic cara menyiapkan aplikasi ini untuk bisa mulai dioperasikan adalah hampir sama. Langkah-langkah dalam mengakses aplikasi Microsoft Office Word ada beberapa cara, namun cara mengakses aplikasi Microsoft Office Word yang akan dibahas di sini adalah melalui Start/Windows. Adapun langkah-langkah mengakses Microsoft Office Word melalui Start/Windows adalah sebagai berikut:


1.Klik Start/Windows > Microsoft Office 2013 > Word 2013



2.Setelah tereksekusi, aplikasi Mocrosoft Office Word 2013 menampilkan beberapa pilihan templat yang bisa kita gunakan seperti gambar berikut:



3.Pilih Blank Document untuk membuat dokumen sesuai dengan keinginan kita, dan ketika sudah dijalankan maka antar muka Microsoft Office Word 2013 sebagai berikut:


Setelah itu kita sudah siap untuk mengoperasikan aplikasi pengolah kata (Microsoft Office Word 2013) untuk membuat dokumen. bagian-bagian yang terdapat dalam antar muka Microsoft Office Word 2013 adalah sebagai berikut:






Mas Barmawi Staf pengajar di salah satu SMK di Yogyakarta, mengajar pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran untuk mata pelajaran Teknologi Perkantoran

No comments for "Mengoperasikan Aplikasi Pengolah Kata"